Sekilas Sejarah Kesehatan

Posted by Unknown Sabtu, 17 November 2012 1 komentar





Sekarang saya mencoba mengajak untuk flashback sejenak, melihat apa pendapat orang-orang jaman dulu berkaitan dengan kesehatan dan kemampuan tubuh sebagai pemulih alami. Disini saya akan paparkan sumber yang menjelaskannya.
Dunia kesehatan / Kedokteran dimulai sejak 2500 tahun yang lalu yakni dari Yunani kuno. Kita telah mengenal teori dari Hippocrates "Pemulihan berdasarkan bahwa tubuh mempunyai
kekuatan yang berasal dari dalam untuk memulihkan dan ini disebuk dengan FISIK." kata ini berasal dari Phisic yang kemudian menjadi Phisician (Dokter) yang bertugas mendampingi penderita sebagai petunjuk memulihkan tubuh penderita dari penyakitnya dengan kemampuan pemeliharaan kemampuan (vitalitas) dari dalam serta menggunakan kekuatan dari dalam tubuhnya sendiri.
Selisih pendapat antara Hippocrates dengan ilmuwan lainnya mengenai teori pemulihan ini sudah berkembang sejak masa itu saat pertama kali mendapat sanggahan dari Democrates yang mengemukakan teori Atomik, beliau berpendapat bahwa tubuh manusia juga kehidupan lain didunia ini, hanyalah sebagai proses reaksi atom kimiawi, jadi mana mungkin terjadi pemulihan alami/sendiri dari dalam. Pertentangan kedua pendapat berlangsung terus hingga sekarang.

Dunia kedokteran modern sendiri berkiprah pada teori Atomik mengikuti pengaruh dokter-dokter terdahulu. Sehingga sampai sekarang tujuan utama ilmu kedokteran semata-mata menyembuhkan penyakit, tanpa mempedulikan adanya kemampuan dari dalam tubuh itu sendiri sebagai pemulih alami.
Obat-obatan kanker misalnya dapat membunuh sel kanker dari dalam tubuh, antibiotika dapat membunuh kuman/bakteri dari dalam tubuh atau obat-obatan lainnya seperti insulin. Kortikosteroid dapat mempengaruhi proses kimiawi dari dalam tubuh. Kalau kita simak sekelumit contoh diatas maka akan terasa kagum kepada para dokter dan sependapat kalau mereka adalah perantara penguasa alam yang dapet mengubah keadaan dari dalam tubuh seseorang, tanpa mempedulikan pemulihan alami selanjutnya, bahwa sebenarnya penderita tersebut bisa sembuh dan sehat kembali adalah juga karena proses pemulihan alami yang berasal dari dalam tubuhnya sendiri.
Bahwa alami yang mempengaruhi prose pemulihan dikelompokkan menjadi :

- Kelompok Makanan
- Kelompok Obat-Obatan
- Kelompok beracun


Kelompok Makanan
Adalah kelompok bahan alami yang tidak mempunyai resiko terhadap keracunan serta kelainan/efek samping dalam penggunaannya, walaupun dimakan dalam jumlah tak terbatas dan dalam jangka waktu lama, kecuali bila ada kerusakan dari bahan termaksud.

Kelompok Obat-obatan

Mempunyai manfaat khusus, digunakan dalam jangka waktu tertentu dan sifat racunnya kurang dibandingkan kelompok racun. Tetapi pada penggunaan yang tiak tepat dapat menimbulkan efek samping pada tubuh yang tidak diharapkan.

Kelompok Beracun
Mempunyai khasiat jangka pendek, kadang-kadang dapat digunakan unutk obat, tetapi bila dipakai dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan kelainan yang cukup fatal.


Kelompok pertama dikenal sebagai "MAKANAN KESEHATAN" karena mempunyai nutrisi gizi untuk perawatan kesehatandan pencegahan penyakit yang terdiri dari zat karbohidrat, protein, lemak, vitamin-mineral, dan air. Sedangkan kelompok kedua dan ketiga hanya sebagai penunjang kelompok pertama saja, dan sering digunakan sebatas pengobatan saja, yang kalau di dunia kedokteran barat dikenal dengan "OBAT-OBATAN". Karena pengolahan dari zat alami kelompok kelompok dua dan tiga sukar diisolasi/dipisahkan, yang mana akan mengakibatkan menurunnya khasiat sampat 50 %, maka dalam teknologi modern ini dikembangkanlah zat sintetik atau buatan dengan dasar kimia dan khasiat yang dibuat optimal sesuai dengan tujuan obat-obatan termaksud sampai akhir terciptalah yang kita kenal sekarang "Obat Generik".

Kini sedang populer dimana para ahli kesehatan bekerja sama dengan ahli farmasi meneliti lebih jauh kelompok makanan kesehatan, karena dapat dijadikan bahan konsumsi harian, yang tidak terlihat pada efek samping, tidak membahayakan walaupun dikonsumsi selamanya. selain itu memiliki khasiat berbagai jenis penyakit. Apakah hal ini berlebihan atau mengada- ada ? pada kenyataannya bahwa "CC Pollen Co." yang didirikan oleh Royden Brown sudah mulai meneliti lebih jauh khasiat dari kelompok makana kesehatan khususnya Bee Pollen yang dihasilkan oleh "LEBAH MADU" untuk perawatan kesehatan. padahal kita lupa bahwa sebenarnya madu juga sudah dikembangkan oleh kedokteran timur sejak dulu
Sumber Rahasia kekeyaan alam untuk kesehatan

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sekilas Sejarah Kesehatan
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://herbalsehatdanhalal.blogspot.com/2012/11/sekilas-sejarah-kesehatan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

Admin mengatakan...

menjawab komentar anda kawan memasang tombol g+ di posting blog :
1. memiliki akunt google +
2. pada akunt blogger klik seting
3. hubungkan dengan g+ klik aktifkan
4. pada dasboard blogger klik tata letak
5. pilih edit bagian posting
6. centang kotak share on..

kayanya belum di share pada post : http://education-vionet.blogspot.com/2012/11/iphone-5-gadget-impian.html
ditunggu balik sob

Posting Komentar

Software Gratis Berlisensi

alexa

Original design by Bamz | Copyright of Herbal Sehat dan Halal | HPA.